Loading...
Loading...
Loading...

PEMERINTAH KABUPATEN KENDAL

DINAS KESEHATAN

PUSKESMAS PAGERUYUNG

+628112748007

08112748007

SELAMAT DATANG

PUSKESMAS PAGERUYUNG

CERIA (CEPAT, RAMAH, INDAH, AMAN)

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sehat bagi kita semua,

Seluruh karyawan Puskesmas Pageruyung mengucapkan selamat datang bagi para pengunjung website Puskesmas kami.
Di zaman kemajuan teknologi informasi saat ini membuat penyampaian informasi akan menjadi lebih mudah. Transparansi menjadi kata kunci yang sangat penting. Kita dapat berinteraksi tidak terbatas oleh tempat dan waktu. Hal ini juga bermanfaat bagi peningkatan mutu layanan kami kepada masyarakat, khususnya bagi kami di Puskesmas Pageruyung. Dengan adanya website ini diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat, dan komunikasi timbal balik antara masyarakat dan Puskesmas dapat dilaksanakan dengan lebih mudah.
Akhir kata, kami berharap masyarakat dapat mengenal Puskesmas Pageruyung dengan lebih dalam melalui website ini dan bersedia memanfaatkan pelayanan kami, serta dapat membantu kami untuk terus berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu.

Terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Kepala Puskesmas Pageruyung,

 

dr. Iwan Cahja Basuki

Award Winning
Professional Staff
24/7 Opened
Fair Prices

visi dan misi

Visi Puskesmas Pageruyung:

“TERWUJUDNYA KEMAJUAN PELAYANAN KESEHATAN DI WILAYAH PUSKESMAS PAGERUYUNG.”

 

Misi Puskesmas Pageruyung:

  1. Meningkatkan pelayanan kesehatan secara profesional.
  2. Meningkatkan kemampuan sumber daya manusia.
  3. Memperbaiki sarana dan prasarana.
  4. Mengoptimalkan pelayanan sesuai kebutuhan.
  5. Melayani dengan sepenuh hati.

motto

CERIA (CEPAT, RAMAH, INDAH, AMAN)

maklumat pelayanan dan standar pengaduan

indeks kepuasan masyarakat

Berita, pengumuman dan artikel

Selamat Hari Korpri ke-52

Tanggal 2023-11-29 01:17:16

Selamat Hari Korpri ke-52, 29 November 2023 

"Korprikan Indonesia"

Index Berita, pengumuman dan artikel

SK pengelola pengaduan

Pelayanan Publik


 PELAYANAN LOKET 

Pelayanan Pendaftaran adalah proses pencatatan pasien yang datang untuk mendapatkan pelayanan di puskesmas

Pelayanan pendaftaran meliputi :

  1. Pendaftaran pasien baru/lama
  2. Identifikasi kepesertaan BPJS pasien

Persyaratan

  • KTP / BPJS / KIS

Prosedur

  • Pasien / keluarga pasien menuju ke meja triase
  • Pasien / keluarga pasien mengambil nomor antrian
  • Pasien / keluarga pasien melakukan pendaftaran di loket pendaftran
  • Pasien / keluarga pasien menunggu panggilan sesuai nomor antrian
  • Pasien dipanggil dan diantar menuju ruang pemeriksaan oleh petugas

 PELAYANAN BP UMUM ATAU POLI UMUM 

BP Umum atau Poli Umum merupakan salah satu dari jenis layanan di Puskesmas yang memberikan pelayanan kedokteran berupa pemeriksaan kesehatan, pengobatan, dan penyuluhan kepada pasien atau masyarakat, serta meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat dalam bidang kesehatan

Pelayanan Umum antara lain :

  1. Pemeriksaan Kesehatan
  2. Pengobatan
  3. KIR Dokter
  4. Konsultasi Kesehatan

 PELAYANAN LANSIA 

Pelayanan Lansia adalah upaya kesehatan paripurna di bidang kesehatan usia lanjut, yang dilaksanakan di tingkat puskesmas serta diselenggarakan secara khusus maupun umum yang terintegrasi dengan kegiatan pokok puskesmas lainnya.

Pelayanan Lansia meliputi :

  1. Pemeriksaan Kesehatan
  2. Pengobatan
  3. Koordinasi Peserta Prolanis
  4. Konsultasi Kesehatan

 PELAYANAN TINDAKAN UMUM 

Pelayanan Tindakan Gawat Darurat adalah tindakan medis yang dibutuhkan oleh Korban/Pasien Gawat Darurat dalam waktu segera untuk menyelamatkan nyawa dan pencegahan kecacatan.

Pelayanan Tindakan meliputi :

  1. Pelayanan Tindakan Sangat Ringan
  2. Pelayanan Tindakan Ringan
  3. Pelayanan Tindakan Sedang 
  4. Pelayanan Tindakan Berat

 PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN ANAK 

PELAYANAN KIA adalah Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak, termasuk pelayanan Keluarga Berencana, yang meliputi pelayanan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.

Pemeriksaan KIA meliputi :

  1. Pemeriksaan ANC ibu hamil
  2. Pemeriksaan Calon Pengantin
  3. Pemeriksaan Kesehatan
  4. Konsultasi Kesehatan

 PELAYANAN GIGI DAN MULUT 

Pelayanan Gigi dan Mulut adalah sarana pelayanan kesehatan di Puskesmas yang melaksanakan pengkajian, pemeriksaan, penegakan diagnosis, pengobatan, dan pemberian edukasi 

pelayanan gigi meliputi :

  1. Pengobatan
  2. Pencabutan Gigi
  3. Penambalan gigi
  4. Pembersihan karang gigi
  5. Tumpatan Gigi
  6. Grinding
  7. Pulp Capping, dll.

 PELAYANAN LABORATORIUM 

Pelayanan Laboratorium adalah sarana kesehatan di Puskesmas yang melaksanakan pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebaran penyakit, kondisi kesehatan, atau faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan masyarakat.

Pelayanan Laboratorium meliputi :

  1. KIMIA KLINIK
    • Gula Darah
    • SGOT
    • SGPT
    • Ureum
    • Kreatinin
    • Gol. Darah
    • Asam Urat
    • Cholesterol
    • Trigliserida
    • HDL Cholesterol
    • LDL Cholesterol
  2. IMUNOSEROLOGI
    • WIDAL
    • HBsAg
    • HIV
  3. URINE
  4. HEMATOLOGI
  5. MIKROBIOLOGI

 PELAYANAN IMUNISASI 

Imunisasi adalah suatu upaya untuk menimbulkan/meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit sehingga bila suatu saat terpapar dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan. 

Vaksin dimasukkan ke dalam tubuh melalui suntikan atau diminum (oral). Setelah vaksin masuk ke dalam tubuh, sistem pertahanan tubuh akan bereaksi membentuk antibodi. Reaksi ini sama seperti jika tubuh kemasukan virus atau bakteri yang sesungguhnya. Antibodi selanjutnya akan membentuk imunitas terhadap jenis virus atau bakteri tersebut.

Pelayanan Imunisasi meliputi :

  1. Pelayanan Imunisasi Anak
  2. Pelayanan Imunisasi Calon Pengantin
  3. Pelayanan Imunisasi COVID-19

 PELAYANAN FARMASI / OBAT 

Pelayanan Farmasi/Obat di Puskesmas merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan upaya kesehatan, yang berperan penting dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Pelayanan Obat meliputi :

  1. Pendistribusian obat ke pasien
  2. Pengelolaan obat dan bahan habis pakai antar unit pelayanan
  3. Pelayanan kefarmasian

 PELAYANAN KONSELING 

Pelayanan Konseling adalah bantuan yang diberikan kepada individu atau kelompok untuk menyelesaikan suatu masalah melalui wawancara dengan cara yang sesuai dengan keadaan yang tengah dihadapi untuk mencapai kesejahteraan dalam hidup. 

Pelayanan Konseling meliputi :

  1. Pelayanan Konseling Gizi
  2. Pelayanan Konseling Sanitasi
  3. Pelayanan Konseling Remaja

 PELAYANAN KELUARGA BERENCANA (KB) 

Pelayanan KB adalah upaya mengatur kelahiran anak, jarak dan usia ideal melahirkan, mengatur kehamilan, melalui promosi, perlindungan,dan bantuan sesuai dengan hak reproduksi untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas melalui pemberian pelayanan KB termasuk penanganan efek samping dan komplikasi bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional. 

Pelayanan KB meliputi : 

  1. Konsultasi Reproduksi Sehat & KB
  2. Pelayanan KB lengkap
  3. Pelayanan Safari KB

 


 PELAYANAN MTBS 

Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) merupakan suatu pendekatan keterpaduan dalam tatalaksana bayi dan balita sakit yang datang berobat ke fasilitas rawat jalan di pelayanan kesehatan dasar.

Pelayanan Kesehatan Anak ( MTBS) meliputi :

  1. Konsultasi tumbuh kembang anak
  2. Pemeriksaan balita sakit secara terpadu (MTBS)
  3. Pemeriksaan Bayi muda ( MTBM )
  4. Deteksi dini tumbuh kembang anak

  PELAYANAN PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT  

Program P2P merupakan salah satu kegiatan pelayanan kesehatan di masyarakat di Puskesmas. Program ini terdiri dari pencegahan terhadap penyakit menular dengan pemberian vaksinasi/imunisasi dan pemberantasan penyakit TB paru, HIV-AIDS, kusta, diare, ISPA, DBD, Rabies atau penyakit lain yang bersumber dari binatang serta surveilens epidemiologi terhadap penyakit yang berpotensi menimbulkan Kejadian Luar Biasa (KLB).

Tujuan dari program P2P diantaranya adalah meningkatkan upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit menular dan tidak menular, meningkatkan deteksi dini dan respon cepat terhadap penanggulangan KLB, meningkatkan perilaku sehat dan upaya kesehatan bersumber daya masyarakat, menemukan dan mengobati penderita penyakit menular sedini mungkin agar tidak meluas atau menimbulkan wabah.

Jenis kegiatan program P2P di Puskesmas diantaranya adalah imunisasi/vaksinasi, program TB Paru, Kusta, ISPA, Diare, DBD, Rabies, HIV/AIDS, Kecacingan, Posbindu dan surveilans epidemiologi. 


 PELAYANAN MAMPU PERSALINAN 

Pelayanan Persalinan 24 Jam (PONED) merupakan layanan kesehatan yang disediakan oleh Puskesmas rawat inap terkait kasus emergensi obstetri dan neonatus tingkat dasar selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. 

Pelayanan Mampu Persalinan di Puskesmas Pageruyung melayani : Pertolongan persalinan normal, Pertolongan pertama kegawatdaruratan kebidanan, Perawatan pasca persalinan, Perawatan bayi baru lahir, Rujukan kasus kebidanan sesuai advice Dokter.


 PELAYANAN KESEHATAN PEDULI REMAJA (PKPR) 

PKPR adalah singkatan dari Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja. PKPR adalah program pemerintah yang diampu Dinas Kesehatan di tingkat Kabupaten/Kota, dikoordinasi Dinkes tingkat Provinsi, untuk melayani kesehatan remaja.

Program PKPR yang dijalankan oleh Puskesmas adalah :

  1. Pelayanan konseling kepada semua remaja yang memerlukan konseling yang kontak dengan petugas kesehatan
  2. Membina minimal 1 sekolah (sekolah umum; sekolah berbasis agama) dan Melakukan KIE 2 kali setahun
  3. Melatih KKR/konselor sebaya 10% jumlah murid di sekolah binaan

Selain memberikan layanan pencegahan (preventive), Pengobatan (kuratif), Promosi dan Rehabilitasi, Puskesmas PKPR juga menjalankan kegiatan sebagai berikut :

  1. Pemberian informasi dan edukasi
  2. Pelayanan klinis medis (termasuk pemeriksaan penunjang & rujukan)
  3. Konseling
  4. Pendidikan Keterampilan Hidup Sehat (PKHS)
  5. Pelatihan Konselor Sebaya

Secara umum, semua keluhan yang dapat ditangani oleh Puskesmas di tingkat pelayanan dasar dapat dilayani di Puskesmas PKRP. Termasuk di dalamnya adalah Layanan Kesehatan Reproduksi dan Seksual. Sebagai contoh, beberapa layanan yang dilayani PKPR adalah :

  1. Pemeriksaan Kehamilan bagi remaja
  2. Konseling semua masalah Kesehatan Reproduksi dan Seksual
  3. Konsultasi mengenai masalah kejiwaan
  4. HIV&AIDS
  5. Infeksi Menular Seksual (IMS)
  6. Anemia

 PELAYANAN BABY SPA 

Pijat Bayi atau Baby Massage merupakan salah satu cara yang dilakukan dengan cara mengusap atau mengelus tubuh bayi agar menimbulkan efek nyaman dan membantu relaksasi otot tubuh bayi. Sedangkan Spa Bayi atau Baby Spa merupakan treatment bagi bayi berusia 3 bulan sampai dengan 2 tahun dengan menggunakan media air untuk menstimulasi motorik kasar, relaksasi, meningkatkan metabolisme tubuh, dan menambah kepercayaan diri untuk mencapai tumbuh kembang yang optimal.

Manfaat Pijat dan Spa Bayi antara lain:

  • Mengembangkan sistem IMUN
  • Meningkatkan pertumbuhan dan berat badan bayi
  • Membuat bayi rileks &tidur lebih lelap
  • Membuat ikatan (bonding) dengan orangtua
  • Meningkatkan konsentrasi bayi
  • Membantu pengaturan sistem pencernaan, pernapasan, dan peredaran darah
  • Meningkatkan nafsu makan 
  • Membantu meredakan ketidaknyamanan (kolik, tumbuh gigi)
  • Memacu perkembangan otak dan sistem saraf bayi
  • Meningkatkan Aliran Oksigen dan nutrisi menuju sel tubuh
  • Melatih koordinasi gerak otot

Standar Pelayanan Publik



Form Konsultasi

Judul harus diisi..!
Nama harus diisi..!
No.HP harus diisi..!
Isi harus diisi minimal 20 karakter..!
Kode harus diisi..!

[Silahkan Gunakan Bahasa Yang Baik, benar dan tidak mengandung unsur SARA ]
Untuk Terhindar dari undang-undang ITE.
Data anda akan dirahasiakan


Hasil Penilaian Masyarakat

Total Responden: 78

memuaskan
97%
cukup
0%
kurang
3%

Hubungi Kami
PUSKESMAS PAGERUYUNG
Jl. Serma Darsono no. 4, Pucakwangi, Pageruyung, Kendal 51361
Email
Telp
628112748007

Follow Us

© PUSKESMAS PAGERUYUNG. All Rights Reserved.